Selasa, 16 Februari 2016 - 12:16:53 WIB

UJI KOMPETENSI KEJURUAN 2016

Diposting oleh : Muhammad Syafi | Kategori: Berita sekolah | - Dibaca: 874 kali

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan/Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Batumandi hari ini dilaksanakan dengan tenang walaupun dilanda hujan yang cukup lebat di pagi hari seluruh siswa kelas 12 berhadir ke sekolah tepat waktu, UKK  dilaksanakan 16 sampai 18 Peberuari 2016.Kegiatan UKK menghadirkan penguji dari external maupun internal.  Kegiatan dari UKK untuk TKJ yaitu Junior Networking, Multimedia Membuat  Bamper/Opening berdurasi 15 detik menggunakan aplikasi After efek, Persiapan Grafika Membuat Brosur Sekolah Menggunakan Aplikasi Corel draw, Akuntansi Mengelola Buku Jurnal, Mengelola Buku Besar, Menyelesaikan Siklus Akuntansi dan mengoprasikan Aplikasi Komputer akuntansi.Kegiatan Ditinjau langsung oleh kepala SMKN 1 Batumandi Drs.Moh.Kamal Syawhwil,M.M.

 "Uji Kompetensi keahlian pada siswa SMK merupakan bagian dari Ujian Nasional.hasil uji kompetensi menjadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009. Sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah merupakan bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan.

Seperti yang kita tahu bahwa kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum),oleh karena itu uji kompetensi keahlian harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). Dan Pelaksanaan uji kompetensi berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Nah sebenarnya inti dari UN SMK itu hasil akhir dari belajar sesuai kejuruan masing-masing itu akan dibuktikan disini.




Isi Komentar :