Kamis, 01 Oktober 2015 - 09:31:30 WIB

Peringati Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2015

Diposting oleh : Muhammad Syafi | Kategori: Berita sekolah | - Dibaca: 586 kali

 

 

Kamis, 1 Oktober 2015 Di halaman SMK Negeri 1 Batumandi, kegiatan rutin di adakan SMKN 1 Batumandi yaitu meperingati Hari kesaktian Pancasila 1 Oktober, di mulai pukul 08.00 WIB. bertindak sebagai pembina yaitu pembina kesiswaan, bapak Bahtiar, S.Pd.

          Sejarah singkat di tetapkannya 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Untuk mengenang kejadian dan korban atas tindakan kekarasan yang di lakukan saat tejadinya G 30 S PKI 1965 yang mencoba merongrong kemperintahan Indonesia yang berasaskan Pancasila untuk di ganti dengan paham Nasakom.

       Puncak dari kudeta yang coba di lakukan PKI pada tanggal 30 September 1965 dini hari melalukan penculikan dan pembunuhan terhadap beberapa para perwira Jenderal yang di nilai memiliki kekuasaan tinggi saat itu. Dengan Komandan Batalyon I Cakrabirawa yang di pimpin Letnan Kolonel Untung Syamsuri , usaha Kudeta yang di pimpin DN. Aidit melakukan tindakan keji dengan melakukan aksi penculikan dan pembunuhan kapada 6 jenderal senior Angkatam Darat. Tiga diantaranya seperti DI Panjaitan, Ahmad Yani dan MT Haryono teas di tempat sementara jenderal-jenderal lainnya seperti S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo di bawa oleh pemberontak dalam keadaan hidup-hidup.

          Sealin itu masih ada korban lainnya , meski jenderal TNI Abdul Haris Nasution bisa lolos dari aksi ini. Nmaun putrinya Ade Irma Nasution dan Kapten Lettu Pierre Andreas Tendean yang saat itu ada di tempat kejadian turut menjadi korban penembakan hingga nafasnya tak tertolong. Korban lainnya yakni Brigadir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun , Kolonel Katamso Darmokusumo dan Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto.

        Para Korban yang di culik hidup hidup kemudian di siksa hingga meninggal dan di jadikan satu kemudian di tanam di sumur Lubang Buaya yang jadikan tempat di bangunnya Monumen Pancasila Sakti.

Dan pada tanggal 1 Oktober aksi kudeta PKI berhasil di gagalkan lewat serangan yang di pimpin Mayor Jendral Soeharto dan kemudian mengumumkan PKI di Indonesia berhasil di tumpas. Dan untuk mengenang targedi ini setiap tanggal 1 OKtober bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

 

 

 

 

 




    Isi Komentar :