Kamis, 23 Mei 2013 - 19:36:21 WIB

Acara Perpisahan SMKN 1 Batumandi Angkatan ke 4 Tahun 2013

Diposting oleh : Muhammad Sidik Widiatmoko Al Wahab, S.Kom | Kategori: Kegiatan Siswa | - Dibaca: 7559 kali

Kamis 23 Mei 2013, adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa dan siswi kelas XII. Karena hari itu adalah hari dilaksanakannya Acara Perpisahan SMKN 1 Batumandi.Setelah cukup tegang menghadapi UN yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian pelajar. Karena UN adalah pertarungan masa depan mereka, UN adalah akhir penentuan mereka selama 3 tahun belajar di sekolah. Seluruh siswa di perintahkan untuk hadir jam 7:30 pagi, dan benar saja mereka hadir tepat di jam tersebut. Seiring berjalannya waktu, para tamu pun juga ikut berdatangan. Tapi acara juga masih belum dimulai, karena orang nomer satu di balangan belum datang juga. Setelah beberapa lama, ternyata yang hadir adalah wakil bupati. Meskipun beliau  terlambat sedikit karena ada urusan lain, para hadirin tetap semangat menunggu dan berdiri ketika beliau memasuki bumi Smktudi.

 
 
Wakil Bupati sedang memberikan sambutan.
 
                Sambutan pertama di sampaikan oleh kepala sekolah SMKN 1 Batumandi bapak Drs. Moh. Kamal Syahwil, M.M. Beliau menyampaikan bahwa sekolah SMKN 1 Batumandi sudah banyak berprestasi dan berkembang pesat. Setiap tahun demi tahun murid sekolah ini juga semakin bertambah kata beliau. Bukan tidak mungkin SMKN 1 Batumandi menjadi Sekolah Terfavorit Di Kabupaten Balangan. Sekarang SMKN 1 Batumandi sudah memiliki 5 program keahlian diantaranya Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan, Mulitimedia, Persiapan Grafika, Dan Pemasaran.
                Sambutan kedua disampaikan langsung oleh wakil bupati Kabupaten Balangan bapak Drs. H. Ansharudin, M.Si. Sebelumnya beliau menyampaikan minta ma’af kepada seluruh hadirin karena sudah terlambat datang. Beliau mengaku ada urusan lain yang membuat beliau terlambat. Beliau bercerita kepada seluruh hadirin bahwa dulu beliau juga orang yang sederhana. Beliau adalah seorang anak petani, dan menjual sepeda motor kepasar amuntai untuk biaya kuliah. Lalu uang hasil penjualan tersebut digunakan beliau kembali untuk membeli sepeda untuk transportasi kuliah dari pekapuran ke kayutangi Banjarmasin. Beliau juga menyampaikan kepada siswa alumni SMKN 1 Batumandi bahwa saat ini ada 3 pilihan yang bisa di ambil. Yang pertama kuliah, yang kedua kerja, dan yang ketiga berkeluarga. Saya dapat mengambil kesimpulan bahwa bapak wakil bupati sangat menyarankan untuk memilih kuliah, melanjutkan pendidikan. Karena beliau menceritakan perjuangan beliau saat kuliah dulu. Ditambah lagi beliau sekarang membawa para mahasiswa dari Yogya dan Malang. Mahasiswa ini adalah dulunya seorang pelajar Balangan. Kata beliau tujuan membawa mereka adalah untuk mensosialisasikan kuliah dipulau jawa.
                Kalau dijawa kata beliau makanan disana murah. Di banjarmasin harus punya uang Rp 15.000,- baru bisa makan. Tapi kalau dijawa cuma modal Rp 25.000,- bisa makan 3 kali nasi pecel sehari kata beliau *santai*. Beliau juga mengatakan dulu waktu pertama mau membangun SMKN 1 Batumandi. Beliau memerintahkan kepada teman-teman Dinas Pendidikan untuk meninjau tanah yg rencananya akan di bangun SMKN 1 Batumandi. Teman-teman sempat ingin membatalkan pembangunan karena setelah meninjau melihat keadaan tanah yang ada di belakang rumah penduduk, mungkin serasa kurang strategis ditambah lagi waktu peninjauan  pun waktu malam hari , tapi beliau tetap bertekad kuat untuk melanjutkan pembangunan. Dan akhirnya pembangunan SMKN 1 Batumandi membuahkan hasil yang mengagumkan. Meskipun umur sekolah masih terbilang baru, tapi sudah banyak merebut prestasi di dunia pendidikan Bumi Sanggam.
                Sungguh sambutan yang sangat berarti buat seluruh siswa dan para hadirin dari bapak wakil bupati. Beliau memberikan sambutan dengan santai, dan tidak membuat para hadirin mengantuk. Para hadirin bersemangat untuk menyimak cerita dari beliau. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan tim paduan suara dari kelas XII yang ingin meninggalkan sekolah. Dengan lagu Hymne guru dan juga terimakasih guruku. Disini  Susana menjadi mencair kembali setelah tim paduan suara menyanyikan lagu terimakasih guruku bersamaan dengan puisi yang dipersembahkan oleh Syahrul Mubarak dan Rosida perwakilan siswa yang meninggalkan.
Dilanjutkan lagi penyerahan cinderamata kepada guru yang pindah tugas dan purna tugas. Bapak Dhiya Mahmudi, Bapak Ahmad Syukur, dan Bapak Umar Hamdan (purna tugas). Dan memasuki puncak acara yaitu pengukuhan untuk siswa kelas XII yang ingin meninggalkan sekolah. Pengukuhan ini langsung di lakukan oleh bapak wakil bupati terhadap seluruh siswa program keahlian Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan, dan Multimedia. Setelah pengukuhan acara dilanjutkan dengan hiburan, seperti Karate, Pagelaran Pencak Silat, dan fashion show.
 
Penampilan Pagelaran Pencak Silat

 

Acara perpisahan ini berjalan lancar sampai akhir acara, dan suluruh siswa pulang kerumah dengan tertib. Dan untuk kaka kelas kami yang sudah menjadi alumni, kami mengucapkan selamat jalan.

Dan selamat berjuang menjalani kehidupan selanjutnya, seperti kata bondan this not the end, is just the beginning ! jadi tetap semangat, harumkan nama sekolah kalian. Jadilah orang yang berguna untuk bangsa dan negara dan berbakti kepada orang tua.  (@mh_nafarin)

Sumber : http://mnafarin.blogspot.de/2013/05/acara-perpisahan-smkn-1-batumandi.html




    Isi Komentar :